Kamis, 05 Februari 2009

Kesabaran ini



adakah solusi menghadapi cobaan selain bersabar? apakah ada senjata yang dapat kita gunakan selain kesabaran Bersabarlah karena Alloh atas segala cobaan yang menimpa.
Sebagaimana kesabaran orang orang yang mengharapkan pahala, tentulah orang itu tidak kenal lelah dan tidak lemah semangat dalam usahanya, orang yang senang kebaikan dan mengingkari kejahatan. orang yang tidak berbuat dholim,orang yang tetap tekun dalam beribadah, orang yang yakin terhadap akan datangnya kemudahan dan pertolongan orang yang memasrahkan segala urusannya kepada Alloh dan juga yakin Allohlah yang akan memberikan pertolongan.
Oleh karena itu manakala terjadi cobaan yang memberatkan dan mencemaskan maka hadapilah dengan sabar.Segera kuasai diri sebaik-baiknya, jangan sampai membebani diri,
dengan pikiran pikiran buruk yang diada adakan ataupun pikiran pikiran yang dipersulit,sehingga terasa menyiksa diri,Ridholah terhadap semua ketentuan dan ketetapanNya, yakinilah kesempurnaan pertimbangan dan kasih sayangNya, bulatkan keyakinan bahwa hanya Alloh satu satunya penolong bagi kita. Dialah pemberi jalan keluar yang terbaik,Mustahil Alloh lalai dan lupa terhadap hambaNya, tidak mungkin pula Dia mengingkari janji janji Nya terhadap orang orang iman,yang sungguh sungguh meyakini bahwa pertolongan hanya datang dari Alloh semata.
Kemudian dengan hati tenang dan pikiran jernih kumpulkanlah ikhtiar yang optimal untuk mendapatkan pertolongan Alloh, Disertai dengan kesabaran dalam mengerjakan amalan amalan yang dicintaiNya dan menempuh jalan yang diridhoiNya. serta didorong dengan kesungguhan dalam berdzikir dan berdoa memohon pertolongan dan jalan keluar dari Nya,Dilandasi dengan taqwa dan sikap tawakal memasrahkan segala keberhasilannya hanya kepada AllohDzat yang maha kuasa.

1 komentar:

Hamba Allah SWT mengatakan...

kesabaran, menurut Imam Ghazali terbagi ke dalam tiga, sabar menghadpi musibat, sabar dalam melakukan ketaatan kepada Allah dan sabar dalam mengindari maksiat. Mudah2an kita bisa menerapkan 3 aspek kesabaran itu dalam hari2 yang kita jalani.

salaam,
http://haisal-insan.blogspot.com/