Kamis, 15 Januari 2009

Mulailah hidup Sehat

Mengacu pada formula seven habits membangun hidup sehat menurut Nadra B. Ballock & Lester Breslow th.1985 adalah 1. Kebersihan diri, 2. cukup tidur, 3. makan 3 kali, 4. Selalu sarapan, 5, berat badan ideal, 6,bergerak badan[olahraga] 7, Jauhi rokok,alkohol,narkoba.nah dari formula itu kita dapat mengambil kesimpulan kalau ditanamkan sejak dini kita akan terbiasa dan terpola hidup kita, dengan penerapan pola hidup sehat, gangguan kesehatan yang dapat timbul karena menurunnya daya tahan, sebenarnya dapat dikurangi dengan penerapan penerapan prinsip prinsip hidup sehat dalam kehidupan kita sehari hari,
1.Hidup serasi dengan alam, menyadari bahwa hidup itu merupakan ekosistem alam.
2.Minum air putih[air mineral murni] minimal 2 liter perhari
3.Komsumsi makanan yang bergizi baik dan seimbang sesuai kebutuhan tubuh.jangan makan terlalu berlebih, berhentilah makan sebelum kamu kenyang...yang penting asupan gizinya sudah seimbang dengan apa yang tubuh kita butuhkan.
4.Memperolaeh cukup sinar matahari pagi dan udara yang bersih dan segar
5.Olahraga yang teratur dan terukur, agar badan kita slalu bugar dengan cara latihan fisik minimal 10 menit sehari itu akan membakar lemak menjadi energi yang kita buthkan setiap hari ketika kita disibukan berbagai aktivitas, hingga tubuh kita akan merasa tetap fit.
6.Bekerja dan istirahat dengan seimbang, biasakan tidur teratur 7-8 jam dalam sehari semalam
7.Mengendalikan emosi dan stress. Stress dapat mengakibatkan penyakit secara langsung maupun tidak langsung misalnya menyebabkan imsomnia /sukar tidur, denyut jantung tidak teratur dan mempertinggi serangan jantung.
8.Menghindari rokok [dapat menyebabkan penyakit jantung,impotensi dll] alkohol/miras, apalagi narkoba jangan sampai coba coba barang haram seperti itu.
Mulai lah niati hidup kita ini agar lebih indah dan bermakna dengan menerapkan pola hidup sehat, didalam tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat pula, kalau kita menghargai dan mau mensyukuri kesehatan itu sejak dini kita akan merasakan betapa indahnya hidup ini, dan dengan kesehatan inilah kita dapat selalu mencari rezeki juga merawat dan mendidik anak anak kita hingga dewasa kelak amiiin.

Tidak ada komentar: